Pages

ASI Makanan Utama Bayi

Air susu ibu (ASI)merupakan makanan pertama dan utama serta terbaik bagi bayi yang bar lahir dan wajib diberikan secara eksklusif sampai bayi berusia enam bulan. ASI memiliki seluruh kandungan gizi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf otak demi meningkatkan kecerdasan bayi.

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, ASI juga mengandung whey dan casein yang sesuai untuk bayi. Perbandingan whey dan casein dalam ASI adalah 65 : 35. Inilah sebabnya kenapa protein ASI lebih mudah diserap oleh pencernaan bayi. Tak hanya itu, ASI juga mengandung taurin, DHA (Decosahexaconix Acid) dan AA ( Arachidonic Acid). Taurin adalah sejenis asam amino kedua yang terbanyak dalam ASI. Fungsinya sebagai neurotransmitter ( pengantar rangsang sel-sel saraf otak) dan berperan penting untuk proses pematangan sel otak.

DHA dan AA adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak yang optimal. Jumlahnya dalam ASI dijamin mencukupi untuk pertumbuhan dan kecerdasan tanpa perlu tambahan apa pun hingga bayi berusia enam bulan.

ASI baik diberikan hingga anak berusia dua tahun karena kandungan gizi ASI masih mampu memenuhi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, disamping 45% kebutuhan vitamin A dan 90% kebutuhan vitamin C. Selebihnya, kebutuhan zat gizi anak dipenuhi dari bahan panagan selain ASI.