Pages

Flu Bukan Batuk Pilek Biasa

Karena sering dibiaskan dengan dengan batuk pilek biasa, flu (influenza) selalu dianggap remeh. Faktanya virus influenza dapat mengakibatkan penyakit yang parah dan bahkan kematian.

Flu atau influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Tiap tahunnya, 5-10% dari populasi orang dewasa dan 20-30% dari populasi anak-anak terkena flu.

Flu bukan sekadar batuk pilek biasa. Flu dapat dikenali dengan timbulnya deman tinggi (39-40 derajat Celcius), sakit kepala, batuk yang parah, kelelahan ekstrim dan atau pegal-pegal. Tidak seperti batuk pilek biasa, flu menyebaban penyakit berbahaya dan komplikasi yang mengancam hidup banyak orang.

Flu sangat menular. Penyebaran flu dapat terjadi melalui udara yang tercemar virus dari penderita flu saat mereka bersin dan batuk; dengan berdekatan dengan penderita, atau dengan menyentuh benda yang terkontaminasi oleh virus flu. Virus tersebut selanjutnya berpindah ke sistem pernafasan.

Siapa saja yang beresiko terkena flu?
Siapapun juga dapat terkena flu. Bahkan pada saat kita dalam kondisi yang sehat dan bugar pun, kita masih beresiko terkena flu. Kita juga dapat menulari orang lain secara tidak sadar karena gejalanya baru timbul setelah 1-4 hari. Beberapa kelompok orang berada pada tingkat resiko tinggi mengalami komplikasi yang mengancam jiwa apabila mereka terkena flu, diantaranya usia lanjut, anak-anak, penderita diabetes, asma, penyakit jantung kronis, penyakit paru dan penyakit ginjal.

Komplikasi flu dapat berupa pneumonia bakterial, infeksi telinga, infeksi sinus, dehidrasi dan dapat memperburuk kondisi medis yang kronis, seperti gagal jantung kongestif, asma maupun diabetes. Kondisi seperti muntah, diare, dan muaal dapat juga terjadi terlebih pada anak-anak.

Cara efektif mencegah flu adalah dengan vaksinasi. Efektifitas vaksin flu telah terbukti secara klinis. Banyak negra di dunia telah merekomendasikan vaksinasi flu. Vaksinasi dapat diberikan pada anak-anak sejak mereka berusia 6 bulan.

Amankah vaksinasi Flu?
Vaksin ini tidak akan menyebabkan flu. Vaksin flu inaktif mengandung virus mati yang tidak mengakibatkan infeksi, akan tetapi menyebabkaan tubuh kita bereaksi untuk melawan irus tersebut. Vaksin flu ditoleransi dengan baik dan aman. Reaksi yang paling sering terjadi adalah rasa sakit ringan di tempat suntikan.

Oleh karena durasi dan keparahan musin flu sangat bervariasi, maka sebaiknya vaksinasi dilakukan segera setalah vaksin flu sudah tersedia.

Mengapa vaksinasi flu harus diulang setiap tahunnya?
Virus flu selalu berubah secara konstan. Secara umum, strain virus influenza yang baru, beredar setiap tahun. Setiap tahunnya sebelum musim flu, virus baru yang beredar diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan merupakan dasar pembuaatan formula vaksin baru, sehingga perlindungan optimal terhadap flu dapat dicapai.

Manfaat vaksinasi flu bagi kita :
1. Dapat secara potensial menyelamatkan hidup kelompok orang yang beresiko tinggi
2. Menurunkan angka penyakit akibat flu dan angka rawat inap di Rumah Sakit
3. Mencegah absensi kerja atau sekolah
4. Mengurangi resiko penularan terhadap anggota keluarga, teman ataupun rekan kerja


Search Engine Submission - AddMe